Sabtu, 28 Agustus 2010

ARTI SEBUAH COBAAN

Melangkah goyah kaki ini ketika kita mengahadapi sebuah cobaan, malasa rasanya menjalani hidup ini. Mencoba berlari tapi apa daya kekuatan tak ada.

Kita yang lemah dalam hidup in seringkali lalai akan sabda Nabi untuk tidak keluh gerutu kepada Thian dan sesal penyalahan kepada manusia. Kita terkadang mengkambinghitamkan seseorang untuk cobaan atau musibah yang menerpa kita. Sebenarnya cobaan itu berasal dari Tuhan untuk menguji sejauh mana kita mampu mengatasinya dengan lapang dada.

Cobaan besar pula sedang melanda bangsa kita. Bangsa yang dulu besar dan kaya raya, kini porak poranda karena kita tidak pandai memelihara. Mungkin suatu teguran Tuhan bagi kita, bencana yang terjadi telah menelan cukup banyak korban. Alam pun bisa kecewa akan ulah-ulah kita. Mungkin naïf rasanya jika kita menyalahkan satu atau segelintir orang. Masalahnya bukan siapa yang salah sekarang ini, tapi siapa yang akan bertanggung jawab. Ya tentu kita, kita semua. Kita semua sebagai penerus bangsa ini yang harus bertanggung jawab akan masa depan kita nanti.

Dibalik semua cobaan ini pasti ada hikmah tersembunyi. Cobaan atau masalah yang kita hadapi lambat laun akan mendewasakan kita. Akan membuat kita belajar tentang apa arti hidup ini. Mungkin kita yang khilaf selalu menggerutu kepada tuhan “Mengapa Tuhan telah memberikan cobaan sebegitu berat untuk kita”? dan selalu menyalahkan si anu, si itu, si dia dan lain sebagainya karena kita yang buta. Dalam hidup ini kita harusnya slelau berhati-hati dalam setiap langkah kita karena “Apa yang berasal darimu akan kembali kepadamu”. Ujian yang datang dari Tuhan dapat kita hindari ujian yang dibuat sendir sukar untuk dihindari”.

Jadi kita harus berhati-hati di setiap tindakan kita, hanya TUHAN lah yang MAHA MENGETAHUI di dunia ini. Dan cobaannya adalah jalan yang membuat kita kuat dalam menjalani hidup ini.

0 komentar:

Posting Komentar