Rabu, 11 Agustus 2010

Agama khonghucu dan rukun keimanannya

Agama khonghucu sudah sama kedudukannya di negara indonesia dengan agama yang lain sesuai dengan pencabutan Inpres No.14 tahun 1967 oleh Alm. KH Abdurachman Wahid tentang agama, kepercayaan, dan adat istiadat China. Selain itu juga agama khonghucu memiliki syarat-syarat tentang berdiri nya suatu agama seperti :

1. di dalam agama khonghucu memiliki penyebutan nama TUHAN dengan nama TIAN.

2. agama khonghucu mempunyai Nabi sebagai penebar ajaran agama yang kita kenal dengan nama NABI KHONGCU (551 sm-479 sm).

3. di dalam agama khonghucu memiliki KITAB SUCI yang di sebut dengan KITAB YANG POKOK atau YANG EMPAT atau Kitab SU SI (Ajaran besar, Tengah sempurna, Sabda Suci, Bingcu). Dan juga ada kitab yang mendasari atau kitab yang lima atau Kitab NGO KING ( Si King, Su king, Ya King, Lee king, Chun Chiu King).

4. Agama khonghucu memiliki tempat ibadah untuk melakukan ibadah bersama dengan umat yang lain yang bernama LITANG.

5. agama khonghucu memiliki umat atau penganut seperti agama yang lain. Yang mengimani tentang suatu agama.

6. Agama khonghucu pun memliki wadah tempat untuk berkumpulnya umat agama khonghucu yaitu MATAKIN adalah sebuah organisasi yang mengatur perkembangan ajaran agama Khonghucu di Indonesia agar ajaran dan cita-cita Nabi untuk mewujudkan dunia yang Damai & Harmonis bisa terlaksana. Organisasi ini didirikan pada 16 april tahun 1955.


Nah, sekarang hal yang terpenting adalah sebagai umat agama khonghucu adalah hal apa sich yang menjadi pilar,pondasi dan rukun keimanan di dalam agama Khonghucu???? Sudahkah kita mengetahuinya ?? atau kita sama sekali tidak mengetahui hal tersebut sejak dini??

Banyak orang yang bila di tanya rukun keimanan agama khonghcu itu apa? Banyak yang menjawab rukun keimanan agama khonghucu itu adalah 8 pengakuan iman yang sering di ucapkan saat akhir dari pembacaan Do’a. 8 pengakuan iman yang terdiri dari dari :

Delapan Pengakuan Iman (Ba Cheng Chen Gui) dalam agama Khonghucu:
1. Sepenuh Iman kepada Tuhan Yang Maha Esa (Cheng Xin Huang Tian)
2. Sepenuh Iman menjunjung Kebajikan (Cheng Juen Jie De)
3. Sepenuh Iman Menegakkan Firman Gemilang (Cheng Li Ming Ming)
4. Sepenuh Iman menyadari adanya Nyawa dan Roh (Cheng Zhi Gui Shen)
5. Sepenuh Iman memupuk Cita Berbakti (Cheng Yang Xiao Shi)
6. Sepenuh Iman mengikuti Genta Rohani Nabi Kongzi (Cheng Shun Mu Duo)
7. Sepenuh Iman memuliakan Kitab Si Shu dan Wu Jing (Cheng Qin Jing Shu)
8. Sepenuh Iman menempuh Jalan Suci (Cheng Xing Da Dao)

Merupakan penjabaran dari rukun keimanan yang ada di dalam agama khonghucu.

Nah sekarang saudara-saudara seiman Ingatkah dengan sebuah ayat yang ada di dalam kitab SU SI bagian Tengah Sempurna : I : 1, Ajaran Besar : I : 1 dan salam peneguhan iman di dalam agama kita???

Saudara-saudara. Tiga hal di atas adalah 3 pilar Agama khonghucu atau bisa di sebut juga Rukun keimanan di dalam agama khonghucu.

Adapun isi dari ketiga hal tersebut adalah :


“Firman TIAN Tuhan YME itulah dinamai watak sejati. Bimbingan mengikuti watak sejati itulah dinamai menempuh jalan suci. Bimbingan hidup menempuh jalan suci itulah dinamai agama.


(Tengah sempurna :1:1)


Adapun jalan suci yang di baawakan ajaran besar itu ialah menggemilangkan kebajikan, mengasihi rakyat dan berhenti pada puncak kebajikan

( Ajaran Besar :1:1)


Hanya kebajikan TIAN berkenan

Sungguh miliki yang satu itu kebajikan

WEI DE DONG TIAN!

XIAN YU YI TE !


Ketiga hal diatas saling berkaitan satu dengan yang lainnya. hanya ada satu yang menjadi tugas dan kewajiban hidup kita sebagai umat agama khonghucu yaitu menjalankan dan menanamkan pancaran watak sejati (5 kebajikan) di dalam hidup ini tanpa terkecuali yang berwujud dalam mengasihi rakyat, Karena hanya lah kebajikan yang menjadi modal kita di dalam kehidupan ini dan yang kita bawa saat nanti kita berpulang keharibaan kebajikan TIAN.


Sekarang kita telah mengetahui rukun keimanan didalam agama khonghucu. Jadi janganlah ragu dan bimbang, jangan mendua hati TIAN senantiasa merahmati kita.


Shanzai !

0 komentar:

Posting Komentar